Bisnis Online dan Jasa SEO

avatar

silaenseobisnisblog

Blogger Medan Pegiat Bisnis Online Terbaik Dan Pakar Agency Kontes SEO Yang Ahli Dalam Jasa Review Pemasaran Produk Usaha Toko Internet di Indonesia

Manfaat Blog Untuk Memaksimalkan Bisnis Online

silaenseobisnisblog Bisnis Online,2018/05/11

Di jaman now ini, pelaku bisnis diinternet semakin menjamur dan manfaatnya telah banyak dirasakan oleh masyarakat online Indonesia. Bicara tentang berbagai aktivitas usaha online, ada beberapa cara yang lazim dimanfaatkan untuk memasarkan produk dan jasa Anda agar semakin maksimal.

 

Bicara tentang medium yang digunakan untuk bisnis berbasis online, secara umum bisa dilakukan para pebisnis dengan menggunakan website, sosial media (sosmed – medsos) atau bahkan dengan cara membuat sebuah blog bisnis online.

 

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa blog merupakan salah satu media yang bisa dipersamakan sebagai bentuk media sosial dan network, yakni bisa berfungsi dan berperan sebagai sosial media sebagaimana yang kita kenal sekarang ini (instagram, twitter, whatsapp, facebook, linkedin, tumblr, line, path, dlsb). Jadi pada dasarnya, blog adalah sarana yang efektif untuk bersosialisasi dan tempat terjadinya komunikasi antar masyarakat.


Nah, tentang adanya peran sebagai media komunikasi dua arah, tentu tema yang harus dikomunikasikan adalah dalam rangka untuk memberikan informasi seputar bisnis, teknik pemasarannya, cara mendapatkan keuntungan, baik secara langsung maupun tidak.

 

Lalu, bagaimana cara dan tips agar blog memiliki peran dan fungsi yang dapat memengaruhi pengguna internet yang menjadi calon konsumen bisnis Anda ? Jawabannya adalah sebagai berikut:

 

1) Berfungsi sebagai alat promosi produk maupun jasa

Calon pebisnis, bisa menggunakan website untuk menyampaikan banyak hal tentang ide, jenis produk yang dipasarkan, keahlian yang dimiliki kepada siapa saja, baik secara langsung melalui halaman web yang tersedia.

 

Namun meskipun begitu, terkait hal-hal yang lebih detail bisa saja jadi terlihat seakan-akan sangat mengumbar, in-efisien, membosankan dan bertele-tele, seandainya semuanya dituangkan kedalam website. Ingat bahwa web adalah landing page yang siap menjalankan tugasnya untuk memberikan informasi dan promosi singkat yang diharapkan akan mampu membawa pengguna internet sang calon konsumen ke level selanjutnya, yaitu terjadinya transaksi.

 

Disamping itu, agar promosi dan penyampaian informasi produk dan jasa dapat berjalan lebih efektif lagi, maka para pebisnis online masih membutuhkan media lain yang dapat dengan leluasa menjelaskan hal lain secara detail tanpa adanya keterbatasan ruang, waktu dan konteks yang dipromosikan. Selain itu, Anda juga dapat sesekali men-sounding-kan paket promo produk tertentu kepada para calon konsumen (pembeli), misal membuat program adanya kupon diskon atau rewards lainnya.

 

2) Menjelaskan detail produk dan jasa

Maksudnya dengan adanya blog bisnis, maka eksistensi untuk menunjukkan latar belakang produk dan segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis online yang ditawarkan adalah ikhwal yang sangat penting dalam meraih kesuksesan dalam bisnis.

 

Nah, dengan adanya blog ini, maka anda dapat mengulas secara rinci dan detail berbagai macam hal keunggulan produk dan jasa yang tidak bisa dilakukan oleh website ataupun portal. Misal bisnis Anda bergerak dalam bidang obat-obatan dan bisnis alat-alat kesehatan rumah sakit, maka dengan menggunakan blog Anda bisa mengulas lebih dalam tentang berbagai macam penyakit, fungsi obat dan cara mencegah timbulnya penyakit, cara pertolongan pertama atas penyakit yang diderita, alamat rumah sakit yang lengkap laboratorium, dlsb.

 

3) Bebas melakukan update dan share

Ada kalanya pada jenis bisnis tertentu, Anda harus diwajibkan secara rutin untuk melakukan update produk, jenis, bentuk, atau atas adanya pelayanan tambahan seiring dengan perjalanan waktu dan juga atas adanya kemajuan teknologi.

 

Jadi, adanya informasi mengenaiupdate sangat dibutuhkan untuk memberikan pengertian dan sekaligus sebagai informasi awal yang sangat penting disampaikan kepada konsumen. Adanya eksistensi perubahan (update) tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya dapat mencederai perasaan konsumen, dan hal ini merupakan tanggung jawaban dan kewajiban etika bisnis Anda kepada konsumen. Dengan adanya niatan diatas, maka pengunjung atau konsumen yang tertarik dengan update produk Anda dapat berlangganan terus, sehingga bisa mengikat konsumen lebih erat.

 

4) Pemuatan tips (how to)

Terkadang eksistensi bisnis yang telah dijalankan membutuhkan banyak langkah (prosedur) ataupun tahap-tahap yang menggunakan layanan. Oleh karena itu, langka terbaik untuk mengantisipasinya adalah dengan menyediakan ruang khusus untuk tips bagi pengunjung. Meskipun secara prinsip, bahwa tips ini sudah dijelaskan sebelumnya didalam website, akan tetapi akan lebih menarik untuk menyediakan kolom tips untuk mempermudah konsumen berselancar.

 

Harapannya, dengan adanya tips yang anda buat, akan meningkatkan user experience dan pengunjung web akan merasa terlayani, dihargai dan betah menjadi konsumen anda.

 

5) Media Kontribusi

Sebagaimana diketahui bersama bahwa blog merupakan sarana dan prasarana yang sangat efektif sebagai penyebaran berbagai informasi dan media pembelajaran yang paling efektif di dunia online. Caranya bisa dengan membuat artikel-artikel yang sangat bermanfaat kepada pelanggan, baik yang terkait dengan bisnis ataupun tidak.

 

Namun demikian, kami sangat menyarankan agar anda menghindari hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan core bisnis Anda ketika mengisi artikel di blog. Misalnya, jika bisnis Anda di bidang fashion dengan menggunakan blog butik, akan sangat tidak elegan jika Anda membahas seputar dunia olahraga ataupun dunia pertelevisian, kecuali pembahasan yang dilakukan masih terkait dengan fashion olahraga.

 

6) Expertise

Blog adalah imlementasi tentang jati diri Anda kepada publik. Ini membuktikan bahwa Anda memiliki keahlian atau kemahiran dalam bidang tertentu. Hal ini akan dimaknai jauh lebih efektif dari pada hanya sekedar mengumbar rayuan (bujukan) di web.

 

Nah, dengan adanya fokus pada satu tema yang akan Anda gunakan dalam blog bisnis online Anda, maka hal itu telah menunjukkan kedalaman pengetahuan dan skill dalam menangani suatu masalah di bidang bisnis dalam jaringan (daring). Misal, bisnis Anda bergerak di bidang penjualan dan pembuatan batik, alangkah baiknya Anda juga bisa membagi-bagikan tips bagaimana cara membuat mencuci baju batik agar lebih awet dan warnanya tak cepat pudar, atau bisa juga dengan membuat pola batik yang unik, menerima pesan pola batik dari siapapun, dlsb. Sehingga hal ini akan menimbulkan kepercayaan dan brandawareness konsumen meningkat secara signifikan.

 

7) Traffic dan visibilitas web

Penyumbang traffic terbesar dalam dunia internet dan web adalah berasal dari blog. Nah, dengan kita memiliki blog, maka secara otomatis kesempatan untuk mendapat traffic pun semakin besar pula setiap harinya. Konten blog juga terbukti bisa meningkatkan kualitas, visibilitas dan popularitas web, serta menciptakan merek (brand) yang sedang Anda usung. Ingat, bahwa search engine system sangat menyukai konten yang selalu update dan berkualitas.

 

8) Konversi

Sebagai sarana promosi marketing jaman now, blog merupakan referensi dan juga informasi terdepan bagi pengunjung yang sedang mencari produk tertentu melalui aktivitas googling. Para pengunjung ini membutuhkan review, penilaian, komparasi yang detail untuk meyakinkan diri mereka sebelum membeli atau menggunakan produk atau jasa tertentu. Dengan demikian, blog memiliki kontribusi untuk meningkatkan nilai konversi bagi pengunjung yang menjadi customer. Efeknya jauh lebih hebat dan dahsyat dari pada hakekat offering langsung melalui website yang anda operasikan.

 

Tapi terkait dengan eksistensi blog di mata mesin pencari, maka hal terpentinga yang harus juga dikerjakan adalah masalah pemaksimalan seo (search engine optimization), baik seo onpage maupun seo offpage. Terkadang dilapangan eksistensi seo ini dimainkan oleh para pemberi layanan jasa seo bisnis online yang tentu saja memiliki keahlian, pengalaman, pakar online shop, maupun memiliki resep tertentu untuk menepatkan blog bisnis online bisa berada di halaman pertama (satu) google.

 

Demikian artikel yang membahas tentang manfaat blog untuk memaksimalkan peran internet marketing pada bisnis online yang ada, semoga bermanfaat.



  • < Oktober 2018 >
    S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31      
    Rekomendasi WaGoMu
    Artikel Terdahulu
    Komentar Terbaru
    QR Code
    QRCODE
    Akses Counter
    Langganan Membaca
    Dengan memasukan Alamat E-mail dan mendaftarkannya, Pemberitahuan mengenai Tulisan terbaru di Blog ini akan dikirimkan melalui E-mail. Untuk memberhentikan klik →Disini
    Jumlah Pembaca Saat ini 0 Orang
    Profile
    silaenseobisnisblog
    silaenseobisnisblog
    Blogger Medan Pegiat Bisnis Online Terbaik Dan Agency Kontes SEO Yang Ahli Dalam Jasa Review Pemasaran Produk Usaha Toko Internet di Indonesia
    E-mail ke Owner
    ※ Di Blog ini, Komentar akan dimunculkan setelah disetujui oleh pemilik Blog.

    Komentari

    Nama
    Url
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Manfaat Blog Untuk Memaksimalkan Bisnis Online
      Komentar(0)